top of page

MUSIM HUJAN MUSUH PERCETAKAN


Mungkin sebagian dari anda akan bingung dan bertanya-tanya tentang judul dari artikel ini. Musim hujan dan percetakan ? Apa hubungannya ? Cetak kan di dalam ruangan sedangkan hujan diluar. Mari kita sama-sama pelajari hubungan keduanya.

Jadi seperti yang kita tahu percetakan merupakan sebuah kegiatan yang berhubungan sangat erat dengan yang namanya kertas dan kita semua juga tahu kalau salah satu musuh terbesar kertas adalah air yang sumbernya bisa berasal dari mana saja termasuk udara yang lembab. Di musim hujan seperti sekarang ini tingkat kelembaban udara otomatis akan meningkat dibanding biasanya. Udara yang lembab dikarenakan hujan ini seringkali yang menyebabkan masalah bagi percetakan yaitu kertas yang menjadi menjadi bermasalah untuk dicetak. Beberapa istilah yang sering digunakan seperti kertas gelombang, kertas melar, kertas lembab, dsb.

Permasalahan yang dialami oleh kertas dapat memberi efek buruk pada proses produksi cetak. Contohnya kertas yang bergelombang menyebabkan kertas tersangkut di dalam mesin cetak sehingga mesin tidak bisa menjalankan proses cetak, lalu kertas yang lembab juga menyebabkan tinta sulit kering, kemudian kertas yang melar juga mengakibatkan hasil cetak tidak register / lari-lari.

Dari semua permasalahan yang dihadapi sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan.

Pesan Kertas Saat Diperlukan

Sebaiknya kertas untuk cetak dipesan saat kertas itu diperlukan atau saat mendapatkan pesanan dari klien. Jadi kertas tersebut tidak terlalu lama disimpan di area produksi yang dapat membuat kertas tersebut rentan terhadap permasalahan yang diakibatkan oleh lembabnya udara dikala musim hujan.

Simpan Kertas Menggunakan Bungkus Asli

Produsen kertas pada umumnya mengemas kertas menggunakan pembungkus yang kedap udara sehingga kertas tidak akan terpengaruh oleh tingkat kelembaban udara di sekitarnya. Dengan hal ini, kita bisa memesan kertas dalam keadaan terbungkus rapi dan belum dipotong sehingga kertas tersebut bisa disimpan lebih lama yang pada waktu akan digunakan kertas tersebut tinggal dibuka bungkusnya dan langsung dipotong untuk siap dicetak.

Perhatikan Ruang Penyimpanan Kertas

Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah ruangan dimana kertas disimpan. Sebaiknya siapkan ruangan khusus yang tertutup dan tidak lembab, bisa juga ditambahkan lampu pemanas di beberapa titik ruangan untuk menghindari kelembaban.

RECENT POSTS

ARCHIVE

bottom of page